Warna Warni Dunia Pertanian

‘Lihat Kebunku penuh dengan bunga ada yang putih dan ada yang merah’
Halo Rekanaker tahu gag sih penggalan lagu itu? hmmm, kita gag akan ngebahas pengarang lagu itu siapa, tapi… check this out info di bawah ini yaa..
Pertanian sangat identik dengan warna hijau, tetapi sebenernya Pertanian memiliki serba-serbi warna tumbuhan.

Secara umum kita mengenal bahwa daun itu berwarna hijau.
Namun, ada ada beberapa tumbuhan yang memiliki warna daun yang tidak hijau.
Nah sekarang mimin mau berbagi info beberbagai macam pigmen warna yang terkandung dalam tumbuhan.

  1. Klorofil atau zat hijau daun
    Pigmen inilah yang menyebabkan daun-daun pada tumbuhan secara umum berwarna hijau.
    Peran dan fungsinya juga sangat penting dalam metabolisme tumbuhan, yaitu penyerapan energi dari matahari dan respirasi (pernafasan).
  2. Anthosianin
    Pigmen ini dapat memberikan warna biru, ungu, violet, magenta, merah, dan orange pada tanaman.
    Pigmen ini tidak bersifat toksis dan bahkan aman dikonsumsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
  3. Karotenoid
    Pigmen ini dibagi menjadi 2 pigmen, yaitu karoten yang menyebabkan warna orange dan xantofil adalah pigmen yang menyebabkan warna kuning.
    Karotenoid mempunyai aktivitas antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh apabila kita mengkonsumsinya.

Ayooo Rekanaker yang ingin menyebutkan contoh-contoh tanaman dengan pigmen warna yang Mimin sebutkan,
langsung saja tulis di kolom komentar.

Berbagi itu indah…

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top