Pioner Teknologi Otomatisasi Hidroponik Melalui Pengalaman Pelatihan Smart Nutrition di BPVP Bandung Barat

Waradzi Mustakim, Kab. Pemalang, Jawa Tengah

Indonesia Maju adalah visi yang diusung oleh pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan negara. Salah satu kunci keberhasilan dalam mewujudkan Indonesia Maju adalah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas merupakan lembaga yang berperan penting dalam memberikan pelatihan vokasi guna mendukung visi Indonesia Maju.

Dalam era Indonesia Maju yang semakin maju, pengetahuan dan keterampilan yang terus diperbarui sangat penting. Salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan baru adalah melalui pelatihan. Artikel ini akan membahas pengalaman pelatihan di BPVP Bandung Barat, dengan fokus pada program Otomatisasi Pencampuran Nutrisi Hidroponik Dengan Smart Nutrition System. Pelatihan ini merupakan peluang untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pertanian modern yang berkelanjutan.

Program Otomatisasi Pencampuran Nutrisi Hidroponik dengan Smart Nutrition System merupakan salah satu program unggulan yang ditawarkan oleh BPVP Bandung Barat. Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencampuran nutrisi dalam budidaya tanaman hidroponik dengan menggunakan sistem otomatisasi yang cerdas. Beberapa manfaat dari program ini antara lain: 1) Meningkatkan Efisiensi, Dengan menggunakan sistem otomatisasi, proses pencampuran nutrisi menjadi lebih efisien dan akurat. Hal ini akan mengurangi waktu dan tenaga yang diperlukan dalam budidaya tanaman hidroponik. 2) Meningkatkan Produktivitas, Dengan adanya sistem otomatisasi, nutrisi yang diberikan kepada tanaman menjadi lebih terkontrol dan optimal. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan tanaman dan hasil panen yang lebih baik. 4) Mengurangi Kesalahan Manusia, Sistem otomatisasi meminimalisir kesalahan manusia dalam proses pencampuran nutrisi. Hal ini akan mengurangi risiko kesalahan yang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil panen.

Kami mengikuti pelatihan di BPVP Bandung Barat selama dua puluh tiga hari. Pelatihan ini dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang, seperti petani, wirausahawan, dan praktisi pertanian. Para peserta pelatihan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memperoleh pengetahuan tentang Smart Nutrition dan Hidroponik.

Pada minggu pertama, kami diperkenalkan dengan konsep Indonesia Maju dan bagaimana pertanian modern dapat berkontribusi dalam mencapai visi tersebut. Kami juga diberikan pemahaman mengenai pentingnya Smart Nutrition dalam menjaga kesehatan masyarakat. Selain itu, kami mempelajari konsep dasar hidroponik dan bagaimana teknik ini dapat meningkatkan produksi pertanian dengan menggunakan sumber daya yang lebih efisien.

Minggu kedua adalah saat yang paling menarik bagi kami. Kami dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dalam mempraktikkan teknik hidroponik di lapangan. Kami diajarkan tentang berbagai jenis budidaya hidroponik, seperti sistem NFT (Nutrient Film Technique) dan sistem DFT serta Sistem Wick. Kami juga belajar mengenai nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik dan bagaimana mengatur pH dalam larutan nutrisi.

Selain itu, kami juga melihat langsung penerapan hidroponik di salah satu kebun percobaan di BPVP Bandung Barat. Kami melihat betapa efisiennya metode ini dalam menghasilkan tanaman yang sehat dan produktif. Hal ini mempertegas pentingnya penggunaan teknologi pertanian modern, seperti hidroponik, dalam mencapai kemandirian pangan di Indonesia.

Pada minggu terakhir pelatihan, kami diberikan kesempatan untuk merancang dan membangun sistem hidroponik sederhana. Kami bekerja dalam kelompok dan mengikuti instruksi dari para instruktur. Tugas ini memungkinkan kami untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah kami peroleh selama pelatihan dalam bentuk nyata.

Selain pelatihan, kami juga diberikan kesempatan untuk mengukur kompetensi kami dengan mengikuti ujian kompetensi yang diselenggarakan langsung oleh LSP BPVP Bandung Barat dan mendapat sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk peserta yang kompeten. 

Program-program yang ditawarkan oleh BPVP Bandung Barat, termasuk program Otomatisasi Pencampuran Nutrisi Hidroponik dengan Smart Nutrition System, merupakan langkah konkrit untuk mendukung visi Indonesia Maju. Dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam budidaya tanaman hidroponik, BPVP Bandung Barat turut berkontribusi dalam mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan kualitas hasil pertanian di Indonesia.

Pengalaman pelatihan di BPVP Bandung Barat pada program Otomatisasi Pencampuran Nutrisi Hidroponik dengan Smart Nutrition System sangat berharga dan bermanfaat. Melalui pelatihan ini, para peserta dapat mempelajari dan mengaplikasikan konsep-konsep dalam pertanian hidroponik yang efisien dan berkelanjutan. Kontribusi BPVP dalam pengembangan sektor pertanian Indonesia juga sangat penting untuk memajukan pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya program ini, diharapkan pertanian hidroponik di Indonesia dapat berkembang pesat dan memberikan manfaat yang besar bagi negara dan masyarakat.

Pengalaman pelatihan di BPVP Bandung Barat merupakan pengalaman yang berharga bagi kami dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pertanian. Dukungan fasilitas yang lengkap serta program unggulan seperti Otomatisasi Pencampuran Nutrisi Hidroponik dengan Smart Nutrition System menjadikan BPVP Bandung Barat sebagai lembaga pelatihan yang profesional. Melalui program-program ini, BPVP Bandung Barat turut berperan dalam mendukung kemajuan Indonesia menuju Indonesia Maju.

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top