Peningkatan Nilai Tambah Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Pangandaran

Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki garis pantai yang panjang. Kondisi geografis ini membuat mayoritas pangandaran berprofesi sebagai nelayan. Akan tetapi, sebagian besar nelayan hanya menjual hasil tangkapan ikan mereka secara langsung.

Menghadapi fenomena tersebut di atas, beberapa orang masyarakat yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan kemudian mengajukan permintaan pelaksanaan pelatihan di BLK Lembang. Setelah melalui proses seleksi, akhirnya pelatihan ini dapat dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 7 November 2019 dengan beberapa paket pelatihan.

Seperti jenis pelatihan pada umumnya, pelatihan yang dilaksanakan juga merupakan pelatihan berbasis kompetensi dengan kejuruan processing dan sub kejuruan pengolahan ikan. Peserta yang sudah mengikuti pelatihan diharapkan memiliki kompetensi dalam mengolah hasil tangkapan nelayan menjadi produk setengah jadi seperti bakso, nuget, sosis, dan sejenisnya, maupun menjadi olahan makanan jadi seperti kerupuk ikan, stick ikan, dan aneka olahan lainnya. Dengan melakukan pengolahan, maka nilai jual produk akan bertambah yang juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu, inovasi dan kreatifitas sangat diperlukan  untuk menghasilkan produk-produk  yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di masyarakat.

 

Desain tanpa judul (2) Desain tanpa judul Desain tanpa judul (1) Desain tanpa judul (6) Desain tanpa judul (3) Desain tanpa judul (5)

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top