Menyambut Panen Pertama Edamame Alumni Pelatihan BLK Lembang

Kemarin (12/12) Mimin berkunjung ke salah satu alumni pelatihan BLK Lembang yang sukses melakukan pembudidayaan edamame di Desa Tanjung Wangi dan Mekar Mukti. Mereka adalah alumni pelatihan edamame yang dilaksanakan selama 16 hari mulai tanggal19 september sampai 10 Oktober 2019. Pelatihan ini merupakan program Pilot Project Pelatihan Berbasis Kompetensi, Kewirausahaan dan Perluasan Kesempatan Kerja Terintegrasi hasil kerjasama antara BLK Lembang, BBPP Bekasi, Direktorat PKK Binapenta dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang juga difasilitasi langsung oleh Buyer.


Tau gak guys?

Dari pelatihan 16 hari ini, para petani di Tanjung Wangi telah memanfaatkan lahan seluas 250 m2 dengan hasil panen 60-100 kg. Menurut salah satu instruktur yang merupakan fasilitator dari tim Buyer Daily Green, hasil panen edamame di Tanjung Wangi lebih berkualitas dibandingkan hasil panen di wilayah pertanian lainnya. Hal ini karena komitmen yang tinggi dari Kelompok Petani Tanjung Wangi untuk merawat tanaman edamame ini.

Keberhasilan para alumni ini menjadi sorotan oleh petani sekitar yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan ini. Sehingga mereka pun tergerak untuk mencari tahu lebih jauh tata cara pembudidayaan dari alumni ini dan meminta izin kepada ketua kelompok Tanjung Wangi untuk ikut serta melakukan pembudidayaan edamame. Dan sekarang sudah ada 1 ha lahan edamame di Desa Tanjung Wangi loh…….

Selain panen pertama, pada moment ini juga dilaksanakan penetapan MoU antara petani dan Daily Green sebagai buyer edamame. Moment ini juga dimanfaatkan oleh masing-masing perwakilan dari Desa Tanjung Wangi dan Mekar Mukti untuk mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan ilmu, pengetahuan, dan fasilitas bahkan area pemasaran yang sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, disampaikan pula kendala-kendala yang dihadapi yang perlu segera ditangani untuk keberlangsungan pembudidayaan edamame ke depannya.

Pihak BLK Lembang dan Kabupaten Bandung Barat yang berkesempatan hadir menyampaikan akan selalu mensupport teknis pelaksanaan budidaya edamame. Salah satu bentuk support pasca pelatihan ini dibuktikan dengan adanya salah satu perwakilan alumni pelatihan edamame yang telah diikutkan kegiatan Business Matching di Jogjakarta pada tanggal 19-20 November 2019 sebagai salah satu sarana untuk memperluas jaringan dan pembelajaran kewirausahaa lebih lanjut yang tentunya sangat dibutuhkan dalam dunia wirausaha.

Seru kan guys? Kamu pasti juga pengen kan sukses membudidayakan edamame? Yuk gabung!!! GRATIS!!! Tapi, kudu sabar yah dapat info seleksinya, karena dah banyak yang ngantri. Orang sabar disayang Tuhan loh…. ;D

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top