Mengenal Garam Ikan dalam Budidaya Ikan Air Tawar

Dalam usaha budidaya ikan, sudah banyak yang mengenal garam ikan. Keberadaannya bisa dikatakan bukanlah hal yang asing lagi, bahkan keberadaan garam ikan ini bagi pembudidaya merupakan sebuah keharusan.

Rupa, bentuk serta rasa garam ikan sama seperti garam pada umumnya. Perbedaannya hanyalah apa yang terkandung di dalamnya.
Garam ikan sebaiknya hanya mengandung senyawa NaCl saja. Sebab, apabila garam mengandung senyawa lain dikhawatirkan akan memberikan pengaruh buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan ikan. Berbeda dengan garam dapur yang sudah diperkaya dengan yodium, garam ikan tidak mengandung mineral itu. Bahkan, garam ikan juga biasa disebut dengan garam tidak beryodium.

Nah ternyata Garam juga banyak manfaatnya untuk kesehatan ikan lho. Walaupun pada budidaya ikan air tawar, penggunaan garam ikan cukup membantu dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait air kolam.
Beberapa manfaat Garam Untuk Budidaya Ikan Kolam
• 1. Garam Ikan Menengendalikan Parasit
• 2. Garam Ikan Mencegah Serangan Bakteri
• 3. Garam Ikan Mengendalikan Jamur Saprolegnia
• 4. Garam Ikan Mengurangi Keasaman Air Hujan
• 5. Membersihkan Kotoran Pada Ikan
• 6. Mengurangi Stress Saat Pemindahan Dan Penyortiran
• 7. Mengurangi Stress Saat Pengangkutan Ikan
• 8. Mengendalikan Masalah Insang
• 9. Membantu Saat Kadar Oksigen Menurun
• 10. Mengendalikan Populasi Alga Dikolam

Pada dasarnya, pemberian garam ini dilakukan demi mencegah terjadinya luka pada ikan yang bisa datang kapan saja akibat dari ketidakseimbangan larutan antara ikan dan lingkungannya.
Pemberian garam ikan ini dilakukan dengan memerhatikan dosis yang sudah diatur dalam kemasannya dan kondisi lingkungan kolam. Pemberian garam juga diketahui dapat mematikan vektor penyakit, baik berupa bakteri maupun jamur yang dapat mematikan ikan.

Nah, rekanaker jadi tau kaan sekarang.
Baiklah, mimin berpantun dulu ah…
Berakit-rakit bareng Sahrukh Khan
Ketemu Kareena Kapoor makan Pepaya
Kalo ikan sakit, berilah garam ikan
Beda dengan garam dapur lohh yaaa…

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top