Dunia digitalisasi yang semakin berkembang mendorong para pengusaha mau tidak mau harus selalu melek dengan dunia teknologi. Perkembangan teknologi juga melahirkan aplikasi-aplikasi yang cukup membantu dan memudahkan para pebisnis untuk mengontrol bisnisnya dalam satu genggaman. Salah satu aplikasi yang cukup populer dan familiar di masyarakat saat ini adalah WhatsApp Business.
Aplikasi yang dirilis pada tahun 2017 ini memiliki beberapa fitur yang tidak terdapat pada whatsApp messenger sebagai berikut.
- Profil Bisnis
Pada profil bisnis, pengguna dapat memilih kategori bisnisnya dan dapat mengisi alamat perusahaan yang langsung terhubung dengan map dan aplikasi transportasi online yang terpasang pada handphone pengguna. Hal ini dapat mempermudah calon konsumen yang ingin mengetahui lokasi usaha.
- Katalog
Ini merupakan fitur terbaru dari WhatsApp Business yang memungkinkan pengguna untuk membuat katalog barang/jasa seperti halnya pada online shop. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot-repot lagi mencari gambar produk/jasa di memori penyimpanannya, yang artinya juga menghemat penggunaan memori di handphone pengguna. Jika kita mengirimkan salah satu foto dari katalog ini pada pelanggan, maka ia akan menerima foto, harga produk, dan ada button “lihat” yang jika diklik akan membawa calon konsumen ke etalase produk pengguna sehingga memungkinkan pelanggan melihat semua produk yang kita miliki.
- Tautan Pendek
Tautan ini bisa dicopy dan digunakan pada link biografi instagram, story telling pada promosi facebook, dan keperluan promosi lainnya. Dengan mengklik tautan ini, maka konsumen dapat terhubung secara otomatis pada whatsApp pengguna. Gambar paling kanan adalah tampilan jika link WA diklik.
- Pesan di Luar Jam Kerja
Fitur ini adalah fitur penjawab otomatis ketika pengguna tidak berada di tempat atau ketika berada di luar jam operasional. Jam operasional akan disesuaikan dengan profil bisnis yang telah diatur sebelumnya. Pesan ini dapat diatur aktifasinya, jadwalnya, dan penerimanya.
- Salam
Seperti fitur sebelumya, fitur ini juga merupakan fitur penjawab otomatis untuk menyapa pelanggan saat mereka mengirim pesan untuk pertama kalinya atau setelah 14 hari tidak aktif. Redaksi kalimat, aktifasi, dan penerimanya juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
- Balas Cepat
Pertanyaan dari konsumen biasanya berulang sehingga dengan membuat format jawaban melalui fitur ini akan menghemat waktu pengguna. Hanya dengan mengetikkan simbol “/” maka deskripsi dari balasan cepat akan muncul dalam teks percakapan dengan pelanggan.
- Label Chat
Banyaknya chat yang masuk dan grup yang kita ikuti terkadang membuat chat penting dengan pelanggan “tenggelam” sehingga memperkecil potensi closing. Melalui fitur ini, maka kendala ini dapat diatasi, karena fitur ini memungkinkan pengguna mengkategorikan chat pelanggan sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, service after sales juga memungkinkan untuk diaplikasikan sehingga memungkinkan jalinan emosional dengan konsumen dapat terjalin lebih baik yang dapat membentuk loyalitas pelanggan terhadap brand pengguna.
Semoga informasi ini membantu kelancaran bisnis Anda. Salam Produktivitas!!!