Dirjen Binalattas Tegaskan Pentingnya Sertifikasi Kompetensi di Era Kompetisi

Bergulirnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menuntut perhatian bersama seluruh stake holder ketenagakerjaan Indonesia. Pelatihan kerja sebagai upaya peningkatan daya saing terus diupayakan semaksimal mungkin oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Khairul Anwar, mengingatkan kembali pentingnya sertifikasi profesi di era kompetisi seperti saat ini. Selain itu, Kemnaker sebagaimana dikatakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) beberapa waktu yang lalu, terus menghendaki adanya pelatihan kerja sebanyak 1 juta orang pertahunnya dan diakhiri dengan sertifikasi agar kompetensinya diakui.

“Target per tahun ini 1 juta pelatihan. Kita minta tolong dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk dapat mengatur pelatihan ini. Misal kini kita sedang mendorong standar kompetensi agar bisa memiliki pondasi yang jelas,” ujar Dirjen Binalattas di Selasar Auditorium UGM Samator, Jakarta Selatan, Sabtu (27/2/2016).

Menurutnya, pengusaha memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu, Dirjen Binalattas mengharapkan Apindo mampu berkontribusi dan mendorong dunia usaha untuk emmbantu proses sertifikasi kompetensi.

“Kita mengimbau kepada Pak Hariyadi (Ketua Apindo) untuk mendorong percepatan sertifikasi kompetensi. Selain itu kita juga minta BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) punya roadmap agar sertifikasi punya badan yang jelas dan pelatihan yang jelas,” papar Kahirul.

Jika kerjasama tersebut terjalin dengan baik, pemerintah berharap ada transparansi informasi terkait tenaga kerja dan kesempatan sehingga dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat dan pengusaha. Jika sinergitas peran tripartit ini terwujud peningkatan kualitas dan daya saing tenaga kerja serta akses informasi terhadap pelatihan kerja akan lebih mudah terwujud.

“Strategi yang paling efektif adalah bagaimana membuka informasi yang transparan antara pemerintah dengan swasta. Saat ini informasi belum dapat diakses dengan baik. Selain itu yang tidak kalah penting adakah kita harus memperkuat lembaga sertifikasi kompetensi. Oleh karena ini kami selalu bergandengan tangan dengan Apindo,” pungkas dirjen Binalattas.

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top