Apa itu Endosperma

Wilujeng enjing rekanaker wargi Jawa Barat dan semangat pagi untuk rekanaker dimana pun kalian berada. Jangan lupa bersyukur yaa semuanya, karena sampai saat ini Sang Ilahi masih memberikan kehidupan bagi kita semua.


Ngomong-ngomong masalah kehidupan, sewaktu kita masih berumur 1 hari setelah lahir ke dunia dan menapaki kehidupan ini, kita masih bisa bertahan tanpa harus diberi makanan/ASI langsung dari ibu kita karena masih tersisa cadangan makanan sesaat setelah ari-ari dipotong oleh pak dokter. Ssst.. ini konfirmasi langsung dari dokter mimin yaak, tetapi alangkah baiknya ASI tetap diberikan secepat dan sedini mungkin..hehe

Begitu pula dengan tanaman yang masih berumur belia, sebenarnya biji-bijian yang ditanam dimanakah mereka mendapatkan makanan?
Nah, dalam dunia biologi tanaman ada yang disebut dengan ‘kotiledon’ dan ‘Endosperm’.


Beberapa tanaman terutama pada jenis biji-bijian, kedua bagian ini sangat penting terutama dalam penyediaan makan untuk membatu pertumbuhan dan perkembangan biji sehingga dapat tumbuh sempurna menjadi 1 tanaman utuh. Tanaman utuh yang memiliki daun lebih dari 2 helai, biasanya telah siap untuk melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari sehingga dapat dirubah menjadi makanan untuk diedarkan ke seluruh bagian tanaman.


Sedangkan, tanaman yang baru ditanam yang masih dalam bentuk biji dan tentunya belum ada organ daun masih belum bisa melakukan proses fotosintesis, sehingga disinilah pentinganya ‘endosperm’sebagai cadangan makanan bagi biji selama proses pertumbuhan dan bagian kotiledon berfungsi pada proses penyerapan makanan pada proses perkecambahan.
Selain itu, pada fase ini rekanaker jangan lupa untuk menambahkan media air yang cukup banyak karena air merupakan media yang sangat penting pada pertumbuhan dan perkembangan endosperm dan kotiledon.


Nah itu sedikit ulasan tentang cadangan makanan pada saat fase perkecambahan tanaman yaak rekanaker. Informasi ini merupakan dasar bagi rekananer yang sangat tertarik dalam ilmu pembibitan/pembenihan.


Rekanaker yang ingin berdiskusi lebih lanjut silakan segera datang ke BLK Lembang dan daftarkan diri terutama pada Pelatihan Pembibitan Sayuran Angkatan Ketiga. Pendaftaran telah dibuka dari tanggal 05-16 maret 2020.
Link :

atau bisa hub WA Admin 0857-6062-6252

Untuk lebih lengkapnya silakan check pada postingan mimin sebelumnya. Sampai ketemu di BLK Lembang…
SALAM KOMPETEN !!!

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top