BPVP menjadi Solusi dari Dampak AI bagi Pekerja

Srilenta Meliala

Pesatnya perkembangan teknologi pada ere ini, mendatangkan banyak impact positf dan negatif pada berbagai sektor. Mengutip dari (CNBC Indonesia) salah satu perkembangan teknologi yaitu Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intellligence (AI) terus dikembangkan sebagai solusi permasalahan di sektor industri yang secara tidak langsung berpotensi menggantikan peran manusia di dunia kerja. Maka tak heran hal ini menimbulkan kegelisahan bagi para pekerja.

Pekerja adalah sumber daya manusia yang berperan paling penting dalam penujang suatu perusahan. Itu sebabnya perusahan menyeleksi dan memilih SDM berkualitas, kompeten, serta memiliki skill. Memiliki standar SDM yang dibutuhkan perusahan, tentu diperlukan bimbingan dan pelatihan.  

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) merupakan sarana tepat mendatangkan SDM berkualitas dan siap untuk kerja. Pelatihan ini, banyak hal yang diajarkan untuk para peserta pelatihan. Peserta dilatih untuk mengerti apa yang menjadi tuntutan pekerjaan yang digeluti, memahami prosedur dalam pengerjaan, mampu bekerjasama dengan tim, serta mampu menangani masalah dengan solusi yang kreatif. (Alfaritdzi and Prathama, 2023) menyatakan bahwa BPVP wadah yang nemapung kegiatan pelatihan, fungsinya untuk memberikan serta memperoleh, meningkatkan dan mengembangkan keterampulan, produktifitas, disiplin, sikap kerja juga etos kerja dimana pelaksanaanya lebih mengutamakan praktik dari pada teori. Pelatihan ini secara tidak langsung meningkatkan kualitas SDM yang mampu bersaing dan menjadi tidak terkalahkan oleh pekembangan teknologi.

Refernsi:

Alfaritdzi, R. M. and Prathama, A. (2023) ‘Peran Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Bpvp) Dalam Mengurangi Angka Pengangguran’, Jurnal Kebijakan Publik, 14(1), p. 111. doi: 10.31258/jkp.v14i1.8171.

Link https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230517105637-39-438091/teknologi-ai-bikin-manusia-nganggur-simak-penjelasannya..

Baca Berita lainnya

Berita seputar Ketenagakerjaan dan Pelatihan.
WhatsApp-Image-2024-06-11-at-16.33
BPVP Bandung Barat Sambut Kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat: Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja
Bandung Barat, 5 Juni 2024 – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kajian antar daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keahlian angkatan kerja serta memperluas kesempatan kerja di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rombongan kunjungan ini terdiri dari 10 orang pimpinan dan anggota DPRD, 3 orang sekretariat DPRD,...
DSC_9543
Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara
Pada 28 Mei 2024, Direktorat Ketahanan Pangan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengadakan audiensi dan kunjungan lapangan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani di kawasan IKN dalam budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Dipimpin oleh Direktur Ketahanan PanganDr. P. Setia Lenggono, S.Sos., M.Si. kunjungan ini melibatkan petani di wilayah IKN yang akan menjadi kader-kader petani terampil. Dr. P. Setia...
NDI00920
Climate Skills Programme: Collaborative Action to Tackle Climate Change !
On May 29th, 2024, British Council (@idbritish) in partnership with HSBC (@hsbc_id) launched the Climate Skills Programme at Talent Corner BPVP Bandung Barat. This ground-breaking initiative aims to equip youth with the knowledge and skills needed to tackle climate change. The launch was also attended by H.E. Dominic Jermey, British Ambassador to Indonesia and Timor-Leste (@ukinindonesia) and Bapak Iendra Sofyan Head of @bappedajabar. Climate Skills programme builds on HSBC and British Council’s...

Anda Siap Tingkatkan Skill dengan Kami?

Pilih topik pelatihan sesuai minatmu dan segera pelajari materinya untuk menguasai keahlian yang kamu butuhkan dalam karirmu.
Scroll to Top